Sabtu, 20 November 2010

WUDHU


Berikut tata cara wudhu yg biasanya saya lakukan:
1. ngidupin kran,hehe..
2. Membasuh tangan kesela2 jari dan bilang bismillaahirrohmaanirrohiim.
3. Trus ambil air masukin ke mulut kumur2 keluarin, 3x.(kalo puasa ati2,jangan ampe ketelen,sengaja menelen atau pura2 lupa menelen hehe)
4. Ambil air serotin ke idung,trus hembusin. Ga usah terlalu dalem nyerotnya, ampe rongga idung aja trus keluarin. Kalo puasa buat jaga2 mending dibersihin pake tangan aja biar ga ampe masuk aernya.
5. Ambil air, bilasin ke muka sambil niat wudu 'nawaitul wudu'a lirofil hadatsil asyghori fardollillahita'ala'. Sambil diusap2 pelan dahi,pipi,bersihin kotoran mata juga, ulangi ampe 3x,tapi niatnya sekali aja cukup.
6. Trus basuh tangan sambil digosok atau diusap dengan tangan yg lain,dari jari ke siku, dimulai dari tangan kanan,trus kiri,ulangi ampe 3x.
7. Trus basahin tangan usapin ke ujung kepala masukin kesela2 rambut.ulangi ampe 3x.
8. Trus basahin tangan,usapin ke telinga dari luar(daun telinga) ke dalem(naik ke atas) jadi jari kita yg kerja telunjuk ama jempol di sini,yg jempol yg jalan di luar.paham?coba praktekin dulu.
9. Trus kaki,basuh sambil diusap dari ujung kaki ampe mata kaki. Jika dilebihkan sedikit lebih baik. Dari kanan trus kiri ulang 3x.
10. Tutup krannya jangan lupa kcuali ada yg uda ngantri.
11. Madep kiblat angkat kedua tangan sambil baca doa abis wudu..'asyhadu allaa ilaahaillallah wa asyhadu anna muhammadurrasulullah.. Allahumaj'alni minattawabin, waj'alni minal muttathohhirin, waj'alni min 'ibaadikashsholihin'.


Biasanya beriringan sama wudu itu sambil bedoa dalam ati, misalnya waktu kumur, 'ya Allah ampuni kesalahan lidah saya yg menyakiti perasaan orang lain, peliharalah lidah saya dari kata2 buruk dan tidak bermanfaat' misalnya. Gitu juga waktu cuci muka,dan selanjutnya.


Tolong ditambain hadits atau ayat atau dibenerin atau gmana..sama2 belajar!yeah!wuu..(apa de ga nyambung hehe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar